COPY PASTE

 

Cara mempassword BIOS umumnya saat ini sudah di lengkapi oleh para vendor Komputer / Notebook dan Netbook. Mekanisme Trivial telah disisipkan oleh hampir sebagian vendor berguna untuk mengembalikan password yang mungkin lupa bagi kita dalam memasukannya.. Disini akan kita lihat sebuah karya tangan berupa Generator Password BIOS.

Ketika laptop terkunci dengan password, checksum dari PASSWORD itu disebut juga dengan istiilah FlashROM - ini merupakan chip pada mainboard perangkat yang juga berisi kode BIOS dan pengaturan lainnya, misalnya timing memori.




Pesan 'Sistem Disabled' hal ini terjadi karena si BIOS akan melindungi pengguna yang bukan pemilik hak akses yang sebenernya guna, jika proses ini di lakukan berkali-kali kesalahan maka sistem akan melakukan restart / rebooting ulang. Dari checksum tersebut (juga disebut "hash"), password yang valid dapat ditemukan dengan cara Brute-Force.

Beberapa vendor menyimpan password dalam teks biasa ke FlashROM, dan bukannya mencetak hanya checksum, versi terenkripsi dari password ditampilkan.Vendor lainnya hanya memperoleh master password dari nomor seri. Either way, script dibawah ini dapat digunakan untuk mendapatkan password yang valid.

Beberapa vendor telah menerapkan langkah-langkah memebingungankan untuk menyembunyikan hash dari pengguna. Misalnya, beberapa laptop FSI meminta Anda untuk memasukkan tiga password khusus untuk hash ( misalnya "3hqgo3 jqw534 0qww294e", "mengaktifkan password master" Tombol panah ke atas / kiri pada keyboard). Beberapa laptop HP / Compaq hanya menunjukkan hash jika F2 atau F12 telah ditekan sebelum memasuki sandi tidak valid untuk terakhir kalinya.

Semua cara yang di lakukan hanya memiliki 1 tujuan, yaitu memecahkan password yang sdh di hash agar bisa cocok dengan password tersebut. Seperti contoh pada gambar di bawah ini :

Aplikasi/software NET runtime yang diperlukan untuk menjalankan file binari Windows (ekstensi exe). Jika file biner (exe) tidak bekerja untuk Anda, silahkan instal Python 2.6 ( 3.x) dan menjalankan script .py atau Python langsung dengan mengklik dua kali. Pastikan bahwa Anda benar membaca setiap huruf (misalnya angka 1 vs huruf 'l').

Вячеслав Бачериков juga telah mengubah script ini untuk javascript sehingga Anda dapat menghitung password dengan browser : http://bios-pw.org/ atau (sumber).

Silahkan memberikan komentar di bawah ini tentang apa make / model kerja script. Perlu diketahui juga bahwa beberapa vendor menggunakan skema yang berbeda untuk password master yang membutuhkan hardware diatur ulang - diantaranya misalnya IBM / Lenovo. Jika Anda menemukan bahwa laptop Anda tidak menampilkan hash atau script tidak bekerja  karena alasan apapun, cobalah untuk:

  • menggunakan keyboard USB untuk memasukkan password untuk menghindari cacat potensial dari keyboard built-in, 
  • menjalankan CmosPwd untuk menghapus password jika Anda masih bisa boot mesin, 
  • menimpa BIOS menggunakan prosedur pemulihan darurat. Biasanya, kode kilat darurat diaktifkan dengan menekan kombinasi tombol tertentu sementara powering pada mesin. Anda juga membutuhkan khusus disiapkan USB memory stick yang berisi biner BIOS. Rincian sangat tergantung pada model tertentu. Perlu diketahui juga bahwa hal ini dapat berpotensi bata perangkat Anda dan hanya boleh dilakukan sebagai tindakan terakhir. 
  • Beberapa tag layanan dell hilang akhiran - hanya mencoba password untuk semua sudah cukup dengan menambahkan -595B, -2A7B dan -D35B untuk tag layanan Anda. 
  • Metode Unlocking untuk beberapa laptop Toshiba yang dijelaskan di sini
  • Beberapa model laptop yang lebih tua memiliki layanan manual yang menentukan lokasi jembatan jumper / solder yang dapat diatur untuk menghapus password. 


Jika tidak ada metode di atas bekerja, silakan gunakan dukungan vendor dari produk anda. Harap mengerti bahwa motivasi saya untuk mensosialisasikan berasal dari kepentingan pribadi - saya tidak akan menerima tawaran untuk melihat spesifikasi model-model tertentu. Terima kasih sebelumnya

 
Top